Banyuwangi terkenal memiliki pantai yang indah, Kabupaten Banyuwangi namanya yang terletak di Provinsi Jawa Timur paling timur dan berbatasan langsung dengan Selat Bali. Sebagai salah satu destinasi wisata kabupaten ini terus berbenah dan terbukti sekarang sudah terdapat Bandar Udara Banyuwangi yang melayani rute Internasional.

Dengan letak yang di ujung timur Banyuwangi memiliki tempat-tempat wisata keren yang setidaknya terdapat lebih dari 30 wisata yang ada. Disini sangat terkenal dengan wisata pantai seperti pulau bali, namun karakter pantai disini lebih tenang. Nah, dimanakah letak wisata tersebut? Simak uraian dibawah ini.

Pantai Plengkung

Instagram @hamzahazizul

Wisata pantai ini terletak di alas purwo banyuwangi disini memiliki ombak yang tinggi dan besar yang tentunya cocok untuk berselancar. Bahkan pantai ini merupakan alternatif tempat selancar selain pulau bali ketika sangat ramai.

Pantai ini disebut The Seven Giant Waves Wonder yang dapat kamu jumpai di bulan Juli hingga bulan September. Apalagi disini sering sekali diadakan lomba selancar tingkat internasional. Untuk kamu yang merupakan selancar pemula dapat untuk menyewa guide yang ada di sekitar sini dan jangan khawatir disini juga disediakan papan selancar tentu dengan harga sewa yang terjangkau.

Pantai Cacalan

Pantai cacalan berada di Kecamatan Kalipuro ini memiliki pasir pantai yang berwarna kehitaman dan tersebar merata dibibir pantai. Disini sangat cocok untuk liburan dengan keluarga karena memiliki ombak yang tenang dan dapat melakukan kegiatan-kegiatan di tepi pantai, seperti memancing, bermain air, sepak bola, bahkan dapat berkemah disini.

Pantai ini terdapat restoran dan cafe yang menawarkan ciri khas masing-masing, seperti terdapat ruang terbuka hijau dan dihiasi oleh ornament lampion warna-warni, benda-benda masa kini yang instagramable.

Pantai Pulau Merah

Terletak di kecamatan pesanggaran tempat wisata ini merupakan wisata favorit masyarakat Banyuwangi khususnya. Disini kita dapat menemukan hamparan pasir pantai yang berwarna merah yang sehingga pantai ini dinamakan Pantai Pulau Merah. Wisatawan yang datang banyak yang berkemah di area pantai ini tak terkecuali dari Mancanegara.

Pantai ini juga memiliki Pura Tawang Alun yang diperuntukan beribadah umat Hindu. Penginapan serta restoran yang ada disini juga memadai karena tak cukup bila ingin berkunjung ke pantai ini yang hanya sehari saja.

Pulau Tabuhan di Banyuwangi

Hidden sights di kabupaten ini terbilang cukup banyak, termasuk sebuah pulau mungil dan berjarak 20 Km dari kota. Pulau tabuhan Namanya yang terletak di desa bangsring, wongsorejo dan merupakan salah satu pulau tak berpenghuni yang memiliki luas kurang lebih 5 ha. Dengan adanya hamparan pasir putih yang bersih dan air laut yang bening cocok untuk kamu yang hobi menyelam.

Nah, untuk kamu yang ingin kesini wajib menyebrang ke Pantai Kampe. Untuk ke pantai dapat melalui jalan setapak yang merupakan kebun pasewaran milik dari PT Perkebunan Nusantara XII. Setelah melewatinya kamu bisa memilih sewa kapal nelayan atau naik kapal motor yang siap mengantarmu menuju Pulau Tabuhan dengan durasi perjalanan sekitar 30 menit.

Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Destinasi lain di Kabupaten ini ialah sebuah kawah yang terletak di ketinggian 2.368 mdpl. Tempat wisata ini cukup populer di kalangan wisatawan local karena terdapat fenomena langka yang terjadi disini ialah blue fire (api biru) yang muncul di daerah kawah.

Kawah dengan luas sekitar 21 KM ini dikelilingi kaldera-kaldera yang menjulang tinggi sampai 500 meter. Akan tetapi jika kamu berkunjung kesini alangkah baiknya hati-hati karena kawah ini mempunyai suhu sampai 200 derajat celcius yang dapat melenyapkan pakaian apalagi tubuh manusia.