Nusa penida merupakan sebuah pulau yang berada di sebelah tenggara Pulau Bali dan dipisahkan oleh Selat Badung. Disekitar pulau ini juga terdapat pulau-pulau kecil yang unik seperti Pulau Nusa Lembongan dan Pulau Nusa Ceningan. Kawasan ini terkenal dengan kegiatan menyelam dan banyak sekali titik selam yang patut dicoba yaitu, Penida Bay, Batu Meling, Manta Point, Toyapakeh, Batu Abah, Batu Lumbung, Malibu Point.

Kawasan ini merupakan spot diving terbaik di dunia tak heran menjadi mendunia. Terutama di Nusa Penida, tidak hanya mempunyai perairan yang bagus tetapi ada spesies ikan yang sangat langka melintas di perairan ini. Ikan Mola-mola namanya yang merupakan raksasa bawah air disini yang dapat tumbuh hingga 3 meter dan berat 2,25 ton. Ikan mola-mola mempunyai bentuk yang pipih dan menyerupai matahari namun siripnya disebut calvus. Ikan ini muncul antara bulan Juni hingga Agustus saja karen sedang mencari perairan hangat.

Pulau ini adalah alternatif bagi kamu yang bosan berlibur di BalI karena keindahan alam yang masih terjaga alami dan indah. Pulau ini dapat di tempuh dari empat dermaga yang ada di Pulau Bali seperti Dermaga Br. Nyuh, Dermaga Sampalan & Mentigi, Dermaga Seblanga br. Nyuh, Pelabuhan Toya Pakeh. Nah, jika kamu ingin berkunjung maka simaklah beberapa referensi tempat yang hits dan cocok untuk di upload di sosial media kamu:

Pantai Suwehan

Instagram @kulit.kacang69

Pantai Suwehan mempunyai ikon yang cukup menarik yaitu batu karang besar yang berada di bibir pantai dan berbentuk menyerupai segitiga. Oleh penduduk sekitar, batu tersebut disebut batu jineng. Akan tetapi para wisatawan menyebutnya brand volcom. Pantai ini cocok untuk menyelam karena mempunyai air yang jernih serta memiliki susunan karang yang unik.

Pantai Atuh

Destinasi Pantai ini cukup familiar bagi wisatawan karena tempat ini mudah dijangkau dan memiliki pesona alam yang indah. Tempat ini juga digadang-gadang mirip dengan Raja Ampat Papua atau Kho Phi Phi Island yang ada di Thailand. Karena disini bisa untuk meilhat pantai-pantai kecil yang ada di sekitar.

Tempat ini memiliki pasir putih serta menawarkan pemandangan alam bawah laut yang alami dan jernih. Dengan dihiasi karang serta biota laut yang ada membuat tempat ini mendunia. Jangan sampai keliru memahami perbedaan Pantai Atuh dan Pantai Suwehan ya, sob!

Pasih Uug

Instagram @andri.nyc

Pasih Uug jika di terjemahkan dalam Bahasa Indonesia ialah Pantai Rusak. Sesuai dengan namanya disini terdapat tebing yang berlobang atau bolong wisatawan sering menyebutnya broken beach Nusa Penida. Pasih Uug terletak di sebelah barat pulau Nusa Penida. Tempat wisata pantai ini instagramble banget jadi sempatkan kamu berkunjung kesini ya!

Pantai Paluang dan Pantai Klingking

Pantai ini unik karena disini terdapat garis pantai yang dipisahkan oleh tebing tinggi dan seperti ikan paus, sehingga dinamakan Paluang atau Karang Dawa. Walaupun begitu dua pantai ini ternyata memiliki nama yang berbeda, disisi kanan merupakan Pantai klingking sedangkan pada bagian kiri merupakan Pantai Peluang. Tempat ini juga indah dipandang dari atas tebing peluang.

Angel’s Billabong

Instagram @faiz_aex

Angel’s Billabong merupakan tempat yang cukup istimewa karena susunan batu karang yang jarang ada di tempat lain, tempat ini cukup mudah dan berada di sebelah barat Nusa Penida. Dengan proses alami yang menjadi muara sungai dan berdekatan dengan laut lepas, namun ketinggian muka air cukup rendah sehingga membentuk seperti kolam dan sering digunakan untuk berendam oleh wisatawan yang berkunjung disini.

Jika kamu berkunjung ke Bali sempatkan lah untuk berkunjung ke Pulau Nusa Penida ini karena pesona alam yang sungguh menajubkan dan bisa untuk penghilang rasa setres karena pekerjanaan.

Google Maps