Pulau Komodo ialah pulau terbesar yang berada di Kepulauan Nusa Tenggara. Disini lah tempat para hewan purba itu tinggal, tak lain tak bukan Komodo yang dihuni sektiar 1300 ekor. Kawasan ini juga merupakan Taman Nasional Komodo yang dikelola langsung oleh pemerintah pusat. Pulau Komodo terletak di sebelah timur Pulau Sumbawa dan dipisah oleh Selat Sape.

Komodo hanya ada disini dan merupakan satwa yang dilindungi yang ditetapkan oleh lembaga IUCN. Hewan ini adalah spesies terbesar dari familia Varanidae yang menyebabkan ia dijuluki si kadal raksasa dengan panjang rata-rata 2-3 meter serta berat mencapai 110 kg. Hewan ini adalah pemangsa puncak pada habitat sekitar karen tidak ada karnivora lain yang hidup di daerah ini.

Nah, selain Pulau Komodo kawasan taman nasional ini juga memiliki pulau-pulau kecil lainnya yang tersebar mengelilinginya seperti Pulau Kelor, Pulau Padar, Pulau Gili Lawa Darat, serta Pulau Rinca yang dihuni sekitar 1500 ekor Komodo sehingga total Komodo yang ada sekitar 2500 ekor.

Pulau kecil tersebut mempunyai keindahan alam yang patut untuk diabadikan lo. Karena hanya ada disini pemandangan yang bagus tercipta olah sang maha pencipta. Berikut penjelasan tentang masing-masing pulau yang ada:

Pulau Kelor

Instagram @riesaramandanii

Pulau ini memiliki luasan yang mungil dan menawarkan jalur pendakian pendek tetapi mempunyai medan yang menantang karena disini banyak batu-batu besar, kerikil yang licin apalagi tingkat elevasinya sampai 45 derajat, tidak dianjurkan untuk wanita hamil. Walaupun begitu sempit sehingga dijuluki pulau mungil tempat ini mempunyai pemandangan yang indah dan pasti kamu ketagihan ingin kesini lagi.

Pulau Padar

Instagram @nindannisa

Pulau ini pernah dihuni Komodo namun sayang habitatnya telah musnah karena menurunnya populasi rusa tau hewan lain yang merupakan makanan utamanya terus berkurang. Dengan bentuk yang memanjang dan mempunyai titik tertinggi di utara pulau sehingga terlihat bentuk Padar. Pulau ini berada di antara Pulau Rinca dan Pulau Komodo yang membuat para fotografer atau videographer mengabadikan momen disini.

Terdapat pantai pasir merah yang menggoda untuk berenang dan menyelam. Akan tetapi jika ingin menuju puncak memerlukan waktu sekitar 30 menit perjalanan dengan medan yang relatif mudah dari bibir pantai ini.

Pulau Gili Lawa Darat atau Gili Laba

Pulau ini mempunyai jalur trekking yang cocok untuk pemula, dan untuk mendakinya hanya dibutuhkan waktu sekitar 20 menit saja. Dari puncak kamu dapat melihat pemandangan 360 derajat pulau-pulau yang ada di kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau ini juga dikeliling oleh bibir pantai yang eksotis seperti Pink Bech atau pantai merah serta Kanawa.

Pulau Rinca

Disini juga terdapat hewan purba tersebut, tetapi pulau ini tak berpenghuni sehingga kesempatan menyaksikan langsung Komodo lebih banyak daripada di Pulau Komodo. Pulau ini lebih mudah di jangkau karena dekat dengan Labuan Bajo dan mempunyai titik tertinggi 670 mdpl. Selain Komodo kamu juga dapat menyaksikan hewan liar lain, seperti rusa, kerbau, babi, burung dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa menjajal petualangan di pulau tak berpenghuni ini. Jalur trekking yang ada menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan masih asri. Jarak trekking juga bervariasi ada yang pendek, medium, dan panjang. Pengunjung sendirilah yang menentukan rute yang dilaluinya, namun sebaiknya seseuaikan dengan kondisi fisikmu demi keselamatan serta meminimalkan risiko yang terjadi.

Instagram @nie.marcello

Disepanjang jalan melewati bukit yang kering dan berwarna agak kuning saat musim kemarau, dan jika masuk musim penghujan bukit ini beubah menjadi hijau. Apalagi jika ditambah dengan keindahan hamparan laut biru yang khas di kawasan ini membuat kamu tidak ingin pulang!

Selain mempunyai pemandangan yang cukup memukau kawasan bawah laut taman nasional ini juga masih terjaga kelestariannya sehingga menjadi tempat tinggal untuk beberapa jenis karang dan biota laut disekitar.

Google Maps