Wakatobi ialah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara dengan ibukota wangi-wangi. Pada tahun 1996, kawasan Wakatobi ini ditetapkan sebagai taman nasional serta cagar alam untuk biota laut Indonesia oleh UNESCO yang mempunyai luas total 1.39 Juta hektar.

Istilah Wakatobi sebenarnya merupakan gabungan antar nama pulau-pulau utama yang ada di wilayah ini yaitu Pulau Wangi-wangi, Pulau Kalidupa, Pulau Tomia, serta Pulau Binongko. Terdapat juga pulau-pulau kecil yang ada di wilaya ini seperti Pulau Kapota, Pulau Hoga, Pulau Anano, serta Pulau Rundumana. Walaupun sudah menjadi wilayah sendiri ternyata Wakatobi merupakan hasil dari pemekaran wilayah Kabupaten Buton yang dimekarkan pada Desember 2003.

Keindahan yang tersaji di kawasan timur Indonesia seolah tak ada habisnya, itulah kalimat yang cocok untuk negara ini. Salah satunya ialah Taman Nasional Wakatobi lebih dari ratusan jenis ikan serta karang yang unik tercatat menempati perairan Wakatobi. Maka dari itu daerah ini dijuluki sebagai surga dunia bawah laut dan terkenal spot menyelam hingga penjuru dunia.

Wakatobi memiliki kekayaan jenis karang seperti, Acropora formosa, Psammocora profundasafla, A. Hyacinthus, Pavona cactus, Fungia molucensis, Leptoseris yabei, Lobophyllia robusta, Merulina ampliata, Euphyllia glabrescens, Platygyra versifora, Tubastraea frondes, Sarcophyton throchelliophorum, Stylophora pistillata, dan Sinularia spp yang hidup bersama biota laut lainnya.

Sedangkan untuk jenis ikan taman nasional ini mempunyai jenis ikan seperti, (Cephalopholus argus), pogo-pogo (Balistoides viridescens), takhasang (Naso unicornis), ikan merah (Lutjanus biguttatus), napoleon (Cheilinus undulatus), baronang (Siganus guttatus), Amphiprion melanopus, Chelmon rostratus, Chaetodon specullum, Lutjanus monostigma, Heniochus acuminatus, Caesio caerularea, dan sebagainya.

Selain jenis karang dan ikan yang ada di taman nasional ini juga terdapat Paus Sperma yang hanya singgah di bulan November karena belahan bumi lain membeku sehingga membuat paus tersebut mencari tempat tinggal lain. Terdapat juga ikan pari manta (Manta Ray) yang memiliki ukuran tubuh raksasa dan hanya ada di kawasan yang beriklim tropis saja.

Selain dikenal dengan spot menyelam yang bagus ternyata Taman Nasional Wakatobi mempunyai tempat lain yang patut kamu kunjungi!

Goa Kontamale, Goa Telaga

Instagram @denis_lulu

Wakatobi juga mempunyai beberapa goa yang harus dikunjungi salah satunya ialah Goa Kontamale di Pulau Wangi-wangi. Bibir goa ini mempunyai telaga yang jernih dan bersih sehingga warga setempat juga menyebutnya dengan istilah Goa Telaga. Bahkan menurut penduduk setempat jika berendam di telaga ini dapat dimudahkan untuk jodoh! Jadi jika kamu sedang jomblo jangan lupa untuk berendam disini ya! Setelah memasuki goa banyak terdapat stalakmit dan stalaktit yang mempesona.

Danau Sombano

Danau Sombano
Instagram @sumargodenny

Danau Sombano ialah danau yang ada di kawasan Hutan Mangrove Pulau Kedupa. Aneka ragam jenis tanaman dapat kamu jumpai disini seperti anggrek dan pandan. Serta di parairannya sendiri kamu bisa menjumpai udah merah air payau. Mungkin akan tergoda untuk berenang di danau ini termasuk saya, akan tetapi warga setempat tak menganjurkan untuk berenang karena ada legenda buaya hitam yang dikhawatirkan muncul tiba-tiba walaupun belum ditemui kejadian tersebut.

Spot Foto Puncak Khayangan, Puncak Tomia

Puncak Tomia
Instagram @dodit2dua

Tempat wisata ini mempunyai keindahan padang safana yang menajubkan ditambahkan dengan background pantai. Lokasi ini hanya sekitar 30 menit dari Usuku (Tomia Timur) dengan menggunakan kendaraan. Datanglah saat senja menyapa karena disini merupakan spot favorit para fotografer ketika senja. Menikmati pemandangan langit serta jauh dari polusi udara kota dan disambut pagi hari oleh matahari langsung adalah cara terbaik untuk menyenangkan hati ketika stress. Kamu dapat bermalam di daerah perbukitan ini tanpa dipungut biaya dan tentu jelas bawalah perlengkapan kemah seperlunya.

Google Maps