Siapa yang tak mengenal gunung yang masih aktif satu ini? Gunung Bromo namanya, gunung yang memiliki ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut ini merupakan tempat wisata yang paling ramai sepanjang hari bahkan hampir tidak mungkin sepi pengunjung terkecuali jika akses menuju wisata sedang di tutup oleh pengelola setempat ya.

Gunung bromo terakhir meletus sekitar 30 tahun yang lalu, akan tetapi gunung ini menyimpan banyak pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Tak terkecuali matahari terbit atau sunrise, kamu juga dapat memandang keindahan alam yang lain di sekitar bromo. Nah, untuk mengetahui tempat-tempat yang hits serta instragamble kamu harus membaca artikel ini sampai akhir.

Fyi banyak yang mengira gunung bromo hanya tempat destinasi wisata padahal bromo juga merupakan tempat ibadah bagi penduduk tengger yang beragama hindu. Tak lain tak bukan bromo sendiri berasal dari nama dewa yang ada di agama Hindu, yaitu Dewa Brahma. Gunung ini termasuk juga dalam lingkup dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang sudah terkenal keindahan alam sekitarnya.

Untuk masuk dan mengitari alam bromo kamu bisa memakai land cruiser, hardtop atau jeep yang banyak disewa warga setempat. Apabila ingin menghemat pengeluaran kamu juga dapat menggunakan sepeda motor akan tetapi wajib berhati-hati karena medan disini cukup berbahaya dan saran saja gunakan sepeda motor non matic.

harnaka harto 133601494 1058857021247748 4064307820729244300 n
Instagram @harnaka_harto

Ingin melihat sunrise yang baik kamu harus pergi dari penginapan menuju bromo pagi buta usahakan pukul 2 atau 3 pagi. Biasanya juga jalan menuju bromo akan macet, jadi sebaiknya berangkatlah lebih awal untuk sampai tepat waktu.

Setelah sampai di bromo kamu bisa mampir ke penanjakan 1 atau penanjakan 2 untuk menikmati sunrise pagi hari. Penanjakan 1 atau disebut view point sunrise berada di sebelah barat Pegunungan Tengger. Sedangkan penanjakan 2 atau disebut view point seruni bisa kamu singgahi bila berangkat dari rute penanjakan Probolinggo.

Apabila sudah puas menikmati matahari terbit di Gunung Bromo kamu bisa turun menuju kawasan lainnya salah satunya adalah Bukit Teletubbies.

Bukit Teletubbies berada di bagian selatan gunung dan merupakan lokasi favorit untuk berfoto, bukit ini merupakan susunan dari gunung-gunung kecil yang sekelilingnya di tumbuhi oleh rerumputan yang mirip seperti serial Teletubbies.

Nah, jika kamu ingin membuat video yang berkualitas disarankan untuk menyewa kuda yang ada di sekitar bukit ini. Tak perlu khawatir cukup dengan mengeluarkan uang 10.000 rupiah kamu sudah bisa mengelilingi bukit ini ditemani dengan guide lokal yang ramah lo!

Spot selanjutnya menuju pasir berbisik yang akan disuguhkan hamparan pasir yang luas serta adanya lereng kaldera di kawasan ini. Nama pasir berbisik ini muncul karena hamparan pasir ini apabila terkena tiupan angin akan mengeluarkan suara seperti ular yang mendesis.

haibromo 132440878 403852654157843 8547018676032873570 n
Instagram @haibromo

Setelah pasir berbisik kamu bisa ke spot selanjutnya yaitu kawah Gunung Bromo lokasi ini cukup dekat. Disini kamu akan melihat langsung bagaimana bentuk kawah Gunung Bromo akan tetapi tantangan yang kamu hadapi ialah kamu harus melewati 250 anak tangga terlebih dahulu dengan berjalan kaki dari tempat parkir ke titik puncak. Jangan cemas rasa lelahmu akan terbayar jika sudah sampai di puncak!

Biasanya tour selesai pada siang atau sore hari, yang selanjutnya kamu bisa turun dan jangan lupa untuk mampir membeli cinderamata khas Bromo. Banyak oleh-oleh yang di jajankan oleh masyarakat setempat baik berupa makanan ataupun pakaian.

Sedikit tips untuk menghasilkan foto atau video yang bagus sebaiknya kamu memilih hari senin-kamis karena hari itu pengunjung terlihat sepi, dan ramai apabila hari weekend tiba. Kamu juga bisa menjadikan lokasi bromo sebagai tempat foto pre-wedding!

Google Maps Gunung Bromo